Ini Hasil Survey : 15 Persen Perndukung Anies – Amin Rawan Bergeser Pabowo – Gibran Capai Keterpilihan 50 Persen

Hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 tingkat nasional KPU menangkan Prabowo Gibran di Jogja dengan 1.269.765 suara.
Hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 tingkat nasional KPU menangkan Prabowo Gibran di Jogja dengan 1.269.765 suara.

Yogyakarta, Bogowonto News – Sebulan terakhir akan menjadi ujian berat bagi Paslon 01 Anies – Imin dan paslon 03 Ganjar – Mahfud.

Survey mengindikasikan, jika tidak pandai mengelola isu dan mengkontrol perilaku elit politiknya maka kedua paslon tersebut cenderung stagnan dan berpotensi mengalami degradasi.

Ini sebagai efek dari perilaku elite politiknya yang menjengkelkan dan berbagai kegaduhan yang membuat publik tidak respek.

Demikian pendapat sejumlah pengamat yang bertebaran di berbagai media sosial, hingga sejumlah komentar publik awam baik di media sosial maupun media resmi.

Lembaga survei SPIN merilis hasil survei elektabilitas tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pilpres 2024-2029.

Hasilnya, pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari dua pasangan calon lainnya.

Survei digelar pada 8 hingga 14 Januari 2024 dengan melibatkan 2.178 responden. Para responden dipilih dengan metode multistage random sampling di 38 provinsi Indonesia.

Survei dilakukan dengan direct interview menggunakan bantuan kuesioner. Adapun margin of error survei +/- 2,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

BACA JUGA  Jika Relawan Ganjar - Mahfud Ngamuk Memaksa Pilpres Ulang, Bisa Jadi Megawati - PDIP Bakal Kembali Dipermalukan Rakyat

Para responden ditanyakan ‘seandainya pemilu serentak dilaksanakan hari ini siapakah dari tiga calon presiden berikut ini yang akan anda pilih?’. Hasilnya, elektabilitas Prabowo-Gibran tembus 50%.

Berikut ini hasil surveinya, Paslon 02 Prabowo-Gibran 50,9%, Paslon 03 Ganjar-Mahfud 23,5% Paslon 01 Anies-Cak Imin 18,7%, tidak menjawab 6,9%

Direktur Eksekutif SPIN, Igor Digrantara membeberkan survei tersebut. Dia menyoroti secara khusus terkait keinginan mayoritas responden yang ingin Pilpres 2024 berlangsung sekali putaran.

Data tersebut memperlihatkan adanya keinginan yang kuat dari publik agar Pemilu berjalan satu putaran. Ini tampak dari terus meningkatnya elektabilitas pasangan calon Prabowo-Gibran.

Survei per awal Januari 2024 ini, perolehan suara dukungan terhadap paslon nomor urut 2 meningkat menjadi 50,9%, demikian paparan survei, Senin (15/1/2024).

“Sementara paslon nomor urut 1 dan 3 tampaknya terus mengalami degradasi. Terutama paslon Anies-Muhaimin, cukup dalam terkoreksi. Koreksi dukungan tersebut merupakan dampak dari gaya debat Anies yang menyerang Prabowo. Keinginan Anies untuk mendapatkan peningkatan poin dukungan justru yang memeroleh poin dukungan Prabowo,” lanjutnya.

BACA JUGA  Gerakan Rakyat Indonesia Berdaulat Gelar Aksi di Titik 0 Yogyakarta Desak Jokowi Turun

Ipsos Public Affairs, merilis pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kembali menempati posisi teratas dengan raihan suara 48,05%.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menyusul dengan 21,80% dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 18,35%.

Hal itu berdasarkan hasil survei elektabilitas capres-cawapres terbaru yang dikeluarkan oleh lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs. Survei tersebut digelar pada periode 27 Desember 2023-5 Januari 2024.

Pengamat politik dan peneliti senior Ipsos Public Affairs Arif Nurul Imam membandingkan survei capres-cawapres periode ini dengan survei sebelumnya pada November 2023. Ia menilai tren elektabilitas Prabowo-Gibran mengalami kenaikan, Anies-Cak Imin cenderung stagnan, dan Ganjar-Mahfud menurun.

“Dibandingkan data survei akhir bulan November, Prabowo-Gibran kembali mengalami kenaikan dari 42,66% ke 48,05%, sementara Anies-Muhaimin cenderung stagnan dari 22,13 ke 21,80%, dan Ganjar-Mahfud dari 22,95 turun 18,35%, sementara yang belum menentukan pilihan menurun tipis dari 12,26 turun ke 11,80%,” kata Arif dalam keterangannya Rabu (10/1/2024).

BACA JUGA  Hasil Survei Polstat Paslon 02 Prabowo - Gibran Menang Satu Putaran Elektabilitasnya Mencapai 52,8 %

Survei Ipsos Public Affairs terbaru ini menyasar sebanyak 2.000 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan menggunakan aplikasi Ipsos Ifield yang merupakan sistem Computer-Assisted Personal Interviews (CAPI).

Adapun, sampel diambil dengan teknik multi stage random sampling. Survei ini memiliki margin of error +- 2,19% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Arif menilai efek Joko Widodo (Jokowi) semakin nyata bagi tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran. Menurutnya, capres nomor urut 02 itu juga mendapat dukungan dari pemilih Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019.

Arif mengungkapkan soliditas dukungan pasangan calon presiden paling tinggi juga ada pada paslon Prabowo-Gibran. Ia menyebut hanya sebesar 13 persen yang masih bisa berubah.

Sementara, sebanyak 15 persen pendukung AMIN masih berpotensi bergeser. Lalu, jumlah pendukung paslon Ganjar-Mahfud yang kemungkinan berubah pilihan sekitar 20 persen.

Berikut elektabilitas capres-cawapres versi survei Ipsos: Paslon 02 Prabowo-Gibran 48,05%, Paslon 01 Anies-Cak Imin 21,80%, Paslon 03 Ganjar-Mahfud 18,35%, Tidak tahu 11,80%

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *