Pengin Durian ? Buruan Sambangi Bazar Durian di Kantor DKPP Kabupaten Purworejo, Sampai Sabtu (29/1/2024) Lho !

Yang lagi ngidam durian, buruan merapat ke Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Ada Bazar Durian selama empat hari mulai Kamis hingga Minggu (25-29/1/2024). (foto/ist)

Purworejo, Bogowonto News – Yang lagi ngidam durian, buruan merapat ke Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Ada Bazar Durian selama empat hari mulai Kamis hingga Minggu (25-29/1/2024).

Bazar durian kali ini diikuti belasan petani durian dari sembilan kecamatan sentra durian di Kabupaten Purworejo.

Banyak pilihan jenis durian yang gelar dalam bazar ini. Mulai durian lokal hingga Musang King, serta durian jenis Bawor.

Sehingga penggemar durian juga bisa menyesuaikan anggfarannya,yakni mulai durian harga Rp 15 ribu hingga Rp 100 ribu.

Bazar durian di halaman kantor DKPP Purworejo, Jalan Mayjen Sutoyo ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 22.00. Sehingga yang mau menikmati durian saat sore atau malam hari sangat bisa.

Kepala DKPP Hadi Sadsilo menyampaikan, acara bazar durian akan dialokasikan dua kali dalam tahun ini.

Bazar ini diharapkan dapat mendorong pemasaran durian hasil panen petani sekaligus memasyarakatkan durian lokal.

Selain bazar juga digelar festival durian yang diikuti 50 peserta dari sembilan kecamatan dengan harapan juara duriannya nanti bisa disertifikasi sebagai varietas unggul.

 “Salah satu komoditas hortikultura unggulan di Kabupaten Purworejo adalah durian, disamping manggis dan tanaman obat (biofarmaka). Untuk meningkatkan produksi dan produktivitas durian, tahun 2023, pemkab mengalokasikan bibit durian sebanyak 1.200 batang atau setara dengan 120 hektare lahan,” ujar Yuli Hastuti, Bupati Purworejo.

Bupati  mengatakan, diperlukan berbagai upaya agar durian Purworejo benar-benar dikenal dan dicari oleh para penggemar durian di seantero nusantara bahkan mancanagera.

Salah satunya, melalui kegiatan Festival Durian Purworejo ini, katanya.

Pos terkait